oleh

1.333 Hafidz Hafidzah Program Tahfidz Al-Qur’an Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Pasaman Barat Diwisuda

jurnalzone.id , Pasbar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) mewisuda sebanyak 1.333 Hafidz Hafidzah Program Tahfidz Alqur’an tingkat SD dan SMP se Pasaman Barat di Balerong Pusako Anak Nagari, Rabu (18/9). Wisuda yang ditandai dengan pemberian piagam penghargaan itu dimulai dengan pawai bersama dari Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat yang dilepas oleh Bupati Hamsuardi didampingi Wabup Risnawanto, Asisten III Raf’an, Kadis Pendidikan Adrianto, Kadis Kominfo Armen dan stakeholder terkait lainnya.

Bupati Hamsuardi dalam sambutannya mengapresiasi dan mengungkapkan rasa bangga serta bahagianya atas terlaksananya Wisuda Tahfidz tingkat SD dan SMP se Kabupaten Pasaman Barat itu. Ia mendoakan hafidz hafidzah itu kelak dapat membawa serta orangtuanya ke surgaNya Allah SWT. Pencanangan program Tahfidz Alquran yang dituangkan dalam RPJMD itu lanjutnya, telah membuahkan hasil yang nyata.

“Kepada seluruh masyarakat Pasbar, mari tetap jalankan program ini sebab ini bukan hanya program Pemda namun program semua maayarakat Pasbar. Program ini sebagai upaya dalam mewujudkan Pasbar yang Baldatun Thayyibatun Warrabun Ghafur. Selain mengharap surgaNya Allah SWT, mendekatkan diri dengan Alquran akan menjauhkan generasi muda kita dari hal-hal yang negatif seperti pengaruh buruk lingkungan, narkoba, judi dan lainnya”, ucap Bupati Hamsuardi.

Kakan Kemenag Pasbar Ralitasman mengucapkan selamat berbahagia pada semua masyarakat Pasbar. Dengan adanya wisuda akbar itu ungkapnya, telah menggambarkan bentuk nyata mengangungkan Alquran. Ia berharap anak-anak Pasbar itu dapat meningkatkan hafalan Alquran hingga menyelamatkan warga Pasbar diakhirat kelak.

Panitia Pelaksana Kadis Pendidikan Pasbar Adrianto melaporkan bahwa Wisuda Akbar tingkat SD dan SMP se Pasbar tersebut diikuti oleh sebanyak 1.333 orang dengan rincian hafalan 1 juz 1.151 orang, 2 juz 119 orang, 3 juz 36 orang, 4 juz 20 orang, 5 juz 3 orang, 6 juz 1 orang, 9 juz 1 orang dan yang paling tinggi 10 juz dari hafizd asal SMP IT Nurul Quran Koto Balingka dan SMP IT Darul Khairot Kinali.

“Inilah kali pertama wisuda akbar yang dilakukan di tingkat Kabupaten Pasaman Barat. Kita berharap wisuda akbar ini terus dilanjutkan dalam memberikan motivasi pada anak-anak. Anak anak yang ada disini merupakan hasil program unggulan Tahfidz Alquran melalui kepemimpinan Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto. Mudah-mudahan mereka terus menghafal alquran, untuk mencapai Pasbar yang damai dan agamais”, ungkapnya.

Lebih lanjut Adrianto menambahkan, selain wisuda akbar kegiatan juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada tokoh pendidikan yang berjasa mendirikan pendidikan di Pasbar baik dari tingkat SD, SMP, SMK, MTS, Perguruan Tinggi hingga Aisyiah dan Muhammadiyah. Dilanjutkan dengan pemberian mushab Alquran pada hafidz hafidzah dan pencanangan Pasbar sebagai Kabupaten Santri ditandai pemukulan tabuh oleh Bupati Hamsuardi, Kakankemenag, Kadis Pendidikan, dan Tokoh Masyarakat serta rangkaian agenda lainnya.(Yunita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed