oleh

Polres Bintan Gelar Latpraops Mantap Praja Seligi 2024 Dalam Rangka Menghadapi Pilkada 2024

-Bintan-356 views

jurnalzone.id , Bintan – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Bupati dan Wakil Bupati Bintan semakin dekat sehingga memerlukan Kamtibmas yang kondusif selama pelaksanaan putaran Pilkada, Untuk mengamankan Pilkada tersebut Polres Bintan akan melaksanakan Operasi Mantab Praja 2024, namun sebelum dilaksanakan Operasi Mantab Praja 2024 Polres Bintan melaksanakan Latihan Pra Operasi (LATPRAOPS) Mantap Praja yang dilaksanakan di gedung Sarja Arya Racana (SAR) Polres Bintan, pada Kamis (22/8/24).

Pelaksanaan Latihan Pra Operasi tersebut dipimpin oleh Wakapolres Bintan Kompol Amir Hamzah, SH, MH dengan membuka secara resmi Pelatihan Pra Operasi (Latpraops) Mantap Praja tahun 2024.

Saat Latihan Pra Operasi Mantab Praja 2024 tersebut dihadiri oleh pejabat utama Polres Bintan, ketua KPUD Bintan Haris Daulay, Komisioner Bawaslu dan personil Polres Bintan yang terlibat dalam operasi.

Dalam sambutannya Wakapolres menyampaikan tahapan Pilkada 2024 belum usai, masih ada sesi pelantikan Presiden terpilih dan anggota legislatif yang terpilih. namun pada 27 November 2024 mendatang Polisi juga akan dihadapkan pada Pilkada Serentak 2024.

“Dalam waktu dekat kita akan dihadapkan dalam agenda Nasional penting lagi, yaitu Pilkada Serentak 2024, antara pelaksanaan Pemilu dan Pilkada memerlukan persiapan dan tenaga yang luar biasa besar, serta evaluasi dari pelaksanaan pengamanan pada Pemilu 2024,” kata Wakapolres.

Hal tersebut, tentunya harus dijadikan pembelajaran demi pengamanan Pilkada 2024 yang lebih baik. Kesiapan dalam menghadapi tantangan pengamanan Pilkada yang akan datang sangatlah penting, sehingga Latpraops ini merupakan wujud nyata dari komitmen Polres Bintan dalam menjaga stabilitas Kamtibmas selama proses demokrasi berlangsung.

Sebelum mengakhiri sambutannya, ia juga menekan agar peserta mengikuti Latpraops ini dengan serius dan penuh semangat serta menjadikan kegiatan ini sebagai sarana sharing untuk menambah wawasan serta menyatakan persepsi dalam pelaksanaan Pilkada.

“Tingkatkan kesiapsiagaan dalam bertugas, karena Latpraops ini dirancang untuk meningkatkan kesiapsiagaan agar mampu merespons setiap situasi dengan cepat dan tepat, serta diskusikan setiap permasalahan yang terjadi di lapangan kepada pemateri, guna mendapatkan solusi,” tutupnya.

Setelah Latpraops secara resmi dibuka, selanjutnya Ketua KPUD Bintan Haris Daulay menyampaikan kepada peserta hal-hal penting dalam pelaksanaan Pilkada 2024, sehingga dengan paparan yang disampaikan oleh Ketua KPUD Bintan menjadi ajuan Polres Bintan dalam melaksanakan dan mengawal jalannya Pilkada agar berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Selanjutnya Kabagops Polres Bintan AKP Eriman selaku Karendalops dalam Operasi Mantab Praja 2024 Polres Bintan memberikan paparan yang berisi tentang pelaksanaan Operasi Mantab Praja 2024.

Dalam paparannya AKP Eriman menyampaikan bahwa dalam Operasi Mantab Praja 2024 Polres Bintan terbagi dalam beberapa Satuan Tugas (Satgas) dan membawahi beberapa Subsatgas antara lain Satgas Preemtif yang membawahi Subsatgas Intelijen dan Subsatgas Binmas, selanjutnya Satgas Preventif yang membawahi Subsatgas Dalmas dan Subsatgas Pengamanan Kantor Penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2024, Subsatgas Pengamanan Objek Kegiatan Kampanye/TPS dan Subsatgas Pengamanan dan Pengawalan Melekat dan Subsatgas pengamanan Kantor Parpol.

Selain itu juga ada Satgas Kamseltibcarlantas yang membawahi Subsatgas Gatur dan Subsatgas Kawal dan Subsatgas Patroli.

Tak ketinggalan Dalam Operasi tersebut juga dilibatkan Satgas Humas yang membawahi Kasubsatgas Peliputan dan Publikasi dan Kasubsatgas Pemantauan dan Viralisasi.

Tujuan dari pembentukan Satuan Tugas (Satgas) dalam Operasi Mantab Praja 2024 adalah untuk melakukan pengamanan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sehari-hari agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bintan berjalan aman dan kondusif.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M melalui Kasi Humas Polres Bintan mengatakan bahwa Operasi Mantab Praja Seligi 2024 Polres Bintan akan dilaksanakan selama 127 (seratus dua puluh tujuh) hari.

“Polres Bintan akan melaksanakan Operasi Mantab Praja Seligi 2024 yang akan dimulai pada tanggal 27 September 2024 mendatang dan Operasi tersebut akan berlangsung selama 127 hari hingga dilantiknya Bupati Bintan terpilih dalam Pilkada”, tutup Iptu Alson.(HPB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed