oleh

Upacara HUT RI ke-79 di Pasbar Berlangsung Khidmat, Sejumlah Remisi dan Penghargaan Diserahkan

jurnalzone.id , Pasbar – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 yang digelar Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) pada Sabtu (17/8) di halaman kantor bupati berlangsung khidmat dan lancar, upacara dipimpin langsung oleh Bupati Pasbar, Hamsuardi. Peringatan HUT RI ke-79 ini mengususng tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Upacara diikuti oleh Wakil Bupati Risnawanto, Forkopimda, Sekda Hendra Putra, Ketua TP-PKK Ny. Titi Hamsuardi, Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto, Ketua DWP Ny. Ayu Hendra Putra, OPD, seluruh ASN di lingkup Pemkab Pasbar, pelajar, Veteran, LSM serta stakeholder terkait lainnya.

Dalam arahannya, Bupati Hamsuardi menyampaikan bahwa peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang bertema “Nusantara Baru Indonesia Maju” juga dirangkaikan dengan Pemberian Remisi Umum tahun 2024 bagi narapidana dan Pengurangan Masa Pidana Umum tahun 2024 bagi anak binaan.

“Kemerdekaan Indonesia adalah rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa yang patut kita syukuri. Rasa syukur ini tentunya dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk warga binaan. Oleh karena itu, pemerintah memberikan penghargaan berupa remisi bagi narapidana dan pengurangan masa pidana bagi anak binaan yang telah menunjukkan kontribusi, prestasi, dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan, serta memenuhi syarat administratif dan substantif yang diatur dalam perundang-undangan,” ujar Hamsuardi.

Bupati juga berpesan kepada seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi dan pengurangan masa pidana agar menjadikan momen ini sebagai motivasi untuk selalu berperilaku baik, mematuhi aturan, dan menjalankan program pembinaan dengan giat.

“Tepat pada peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini, Pemerintah Indonesia memberikan remisi umum dan pengurangan masa pidana umum kepada 176.984 orang, yang terdiri dari 175.728 narapidana dan 1.256 anak binaan. Di Kabupaten Pasaman Barat, remisi diberikan kepada 79 narapidana di Lapas Talu dan 18 narapidana di Lapas Terbuka Kelas IIB Pasaman,” jelasnya.

Ia juga memberikan ucapan selamat kepada warga binaan atas remisi yang diterima dan mengapresiasi kerja keras jajaran pemasyarakatan dalam menjalankan tugasnya dengan integritas dan dedikasi tinggi, meskipun dihadapkan pada berbagai keterbatasan.

“Semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa meridai kita untuk terus mengabdi dan berbakti kepada bangsa dan negara dengan limpahan karunia-Nya bagi kita semua,” tutup Hamsuardi.

Setelah peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, dilanjutkan dengan penyerahan remisi bagi narapidana di Kabupaten Pasaman Barat. Sebanyak 79 narapidana di Lapas Talu dan 18 narapidana di Lapas Terbuka Kelas IIB Pasaman menerima remisi tersebut.

Selain itu, diberikan juga penghargaan Satyalancana Karyasatya kepada PNS di lingkungan Pemkab Pasbar, penghargaan kepada PMI Pasbar, piagam penghargaan kepada Kejaksaan Negeri Pasbar, piala dan piagam pemenag lomba PKK tingkat Provinsi Sumbar, serta pemberian sertifikat penghargaan pemenang lomba Semarak Kemerdekaan antar Nagari se-Pasbar. Juga dilakukan penyerahan CSR Bank Nagari Cabang Simpang Empat sebanyak Rp 110 juta untuk beasiswa pendidikan dan Deviden tahun buku 2023 Kabupaten Pasaman Barat senilai Rp 10.083.544.005.

Acara dilanjutkan dengan penampilan polisi cilik binaan Polres Pasbar, pembacaan puisi oleh Atifa Permata Ayunda dari MTsN 4 Pasbar, dan ditutup dengan temu ramah bersama Forkopimda serta veteran di rumah dinas bupati.(Yunita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed