oleh

Toleran: Berkah Kebaikan

-Opini-572 views

Oleh: Nazwar, S. Fil. I., M. Phil.

Kebaikan sejatinya perlu disadari sepenuhnya di sisi Allah. Tidak ada kebaikan selain dari padaNya. Maka akibat dari kebaikan baik amal perbuatan, perkataan atau sekedar bisikan hati sepenuhnya yang berkelanjutan merupakan karuniaNya.

Setiap kebaikan yang membawa keberkahan sejatinya semata dari Allah. Bahkan semua kebaikan, yang membawa akibat paling kecil sekali pun, seperti menyingkirkan duri dari jalan, memberi minum anjing kehausan atau memberi makan kucing, perbuatan tersebut akan mengandung kebaikan jika Allah kehendaki. Kebaikan dari setiap perbuatan dan akibatnya s mata dari Allah.

Termasuk hubungan antar sesama manusia, kebaikan yang terjalin dengan baik itulah toleran, adalah kebaikan dan dapat dilipatgandakan oleh Allah berupa berbagai kebaikan-kebaikan. Kebaikan-kebaikan suatu perbuatan berupa toleran, baik terhadap hal yang kentara seperti agama, suku, dan ras juga yang bersifat internal seperti sifat-sifat dan ego yang ada dalam setiap diri manusia masing-masing berbeda tersebut baik kadar atau kecenderungan/variannya.

Kehidupan manusia sejatinya terjalin dalam bentuk toleran sehingga dalam harmoni dan kedamaian dan tidak kacau. Di antara peran agama adalah senantiasa menjaga toleran yang telah terbentuk. Maka, mendorong untuk sikap toleran sebagai suatu kebaikan akan membawa keberkahan, artinya sikap toleran dapat membawa kebaikan berkelanjutan.

Dinamakan keberkahan adalah lantaran kebaikan yang besar dan tidak terhenti lantaran sesaat namun kebaikan tersebut dapat dirasakan menyelias dan berkelanjutan seperti oleh generasi-generasi penerus.

Sebagai lawan dari kekakuan hidup, sikap toleran merupakan cerminan yang dapat membawa berbagai kebaikan. Dengan bersikap toleran, maka akan terbuka berbagai pintu lain dengan izin Allah akan membawa kebaikan juga, seperti saling kenal, perniagaan dan peningkatan berbagai lini kesempatan berkembang lainnya baik pada sisi sosial, politik, pendidikan dan lain sebagainya.

Pada saatnya, konsistensi bersikap toleran akan membawa berbagai kebaikan lagi. Sebagaimana pesan Allah dalam al-Qur’an Surat al-Ashr ayat 3 untuk senantiasa berpesan saling berpegang teguh dalam kebenaran dan kesabaran. Maka, kebaikan dan keberkahan dengan bersikap toleran dan akibatnya akan membawa hasil yang baik dan berkah secara sempurna di akhirat kelak, “inshaaAllah!”

*Penulis Lepas Lintas Jogja Sumatera*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed