oleh

Bersama Dinas Kesehatan, Ketua TP-PKK Pasbar Lakukan Monev Pada Dua Posyandu Di Kecamatan Lembah Melintang 

-Pasaman Barat-1,604 views

jurnalzone.id    – Dalam rangka mengoptimalkan peran dan pelayanan Posyandu serta meninjau langsung kegiatan di lapangan, Ketua TP-PKK Pasaman Barat Ny. Titi Hamsuardi bersama Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Indriani Djusair melakukan Monitoring Evalusi (Monev) sekaligus menyerahan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada Posyandu Tirto Nari Kuamang Alai Ujung Gading dan Posyandu Hutana Godang II Tanjung Damai di Kecamatan Lembah Melintang, Jumat (12/1).

Dalam Monev tersebut, Ny. Titi Hamsuardi menyampaikan apresiasi kepada Kader Posyandu yang telah aktif dalam menggerakkan masyarakat untuk datang ke Posyandu.

“Di tahun ini harus lebih aktif lagi dari tahun sebelumnya agar kesehatan masyarakat dapat dipantau setiap bulannya terutama bayi dan balita. Terus bersinergi dan berkerjasama dengan Puskesmas, Dinas Kesehatan dan TP-PKK agar bisa memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat,” himbaunya.

Ia menjelaskan, Pos Pelayanan Terpadu atau yang disebut Posyandu merupakan sebuah upaya yang dilakukan pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan khususnya bagi Ibu dan anak. Selain itu, Posyandu juga bertujuan untuk mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayinya saat kehamilan, persalinan maupun pasca persalinan.

“Posyandu ini memiliki peran besar di tengah masyarakat, meskipun Posyandu sering kali dikaitkan dengan balita atau ibu hamil, namun nyatanya tidak demikian. Kegiatan Posyandu dan manfaatnya tidak hanya sebatas itu, banyak perogram Posyandu yang diperuntukan bagi pasangan usia subur dan remaja serta juga lansia,” terangnya.

Lanjutnya ia menjelaskan bahwa Buku KIA merupakan sumber edukasi dalam menjaga kesehatan, ketika masa kehamilan hingga melahirkan. Pengetahuan yang didapat dari buku tersebut dapat diterapkan oleh ibu, selama masa kehamilan dan merawat balita. Buku tersebut juga memiliki fungsi untuk mencatat kondisi kesehatan ibu pada masa kehamilan, hingga anak setiap bulannya. Informasi yang tercatat akan menjadi pedoman penting bagi petugas kesehatan, dalam memantau kesehatan ibu dan anak. Untuk itu, Buku KIA selalu dibawa ketika memeriksakan kehamilan atau balita ketika Posyandu.

“Buku KIA sangat penting dan harus dimengerti oleh ibu maupun keluarga. Informasi dan pedoman penting bagi keluarga dan petugas kesehatan, serta untuk menjaga kesehatan ibu selama hamil sampai melahirkan,” jelasnya.(Yunita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed