oleh

Pemda Gelar Pembinaan Dai Nagari se- Kabupaten Pasaman Barat, Bupati Hamsuardi Buka Pembinaan dan Beri Arahan 

jurnalzone.id   – Dalam rangka memberdayakan masyarakat Pasaman Barat (Pasbar) serta tercapainya visi dan misi Kabupaten

Pasaman Barat dalam mewujudkan Kabupaten Pasaman Barat yang beriman, cerdas, sehat, bermartabat, sejahtera dan berwawasan, Rabu (6/12) Pemerintah Daerah menggelar pembinaan Da’i Nagari se Kabupaten Pasaman Barat yang berlangsung di Hotel Gucci Pasbar.

Kegiatan langsung dibuka oleh Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Staf Ahli Bupati Armen, Asisten 1 Setia Bakti, Asisten 3 Raf’an, Kabag Kesra Hartasani dan Kabag Umum Faisal. Selain membuka kegiatan itu, Bupati Hamsuardi juga bertindak sebagai narasumber yang memberi arahan dan materi pada peserta pembinaan itu.

Bupati Hamsuardi menjelaskan, kegiatan pembinaan merupakan upaya persamaan pandangan bagaimana agar masyarakat Pasbar meningkat amal ukhuwah islamiyahnya. Sesuai visi misi dan harapan, Pemda menginginkan untuk mengangkat dai nagari yang dulunya hanya 19 dai dan saat ini sudah bertambah dan akan bertambah seiring dengan pemekaran jorong yang sedang berlangsung di Pasbar.

“Dulu dai kita hanya berjumlah 19 dai, alhamdulillah saat ini semua nagari sudah ada dai nagarinya. Harapan kita, ketika diangkat menjadi dai nagari tentu banyak halangan dan rintangan sebab dimana kebaikan sekecil apapun akan menemui banyak rintangan. Dai kita harus tetap kokoh dalam menyampaikan kebaikan ditengah-tengah masyarakat. Pasbar ini masyarakatnya heterogen, banyak persoalan yang akan bapak hadapi untuk melihat kebersamaan dan persatuan kita”, ucapnya.

Sementara itu, Laporan yang disampaikan Kabag Kesra Hartasani menyebutkan pembinaan tersebut dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama akan diikuti 5 kecamatan diantaranya Kecamatan Talamau, Pasaman, Sasak Ranah Pasisie, Luhak Nan Duo dan Kecamatan Kinali. Sesi pertama diikuti sebanyak 89 orang Dai, selebihnya 6 kecamatan memulai kegiatan pada sore nanti. Jumlah keseluruhan dai sebanyak 205 dai.

“Pelatihan ini akan diisi juga oleh bapak bupati sebagai narsum. Ada juga sebagai narasumber nantinya bapak Sekda, Asisten 1, dan Kepala DPMN. Pembinaan Dai ini bertujuan agar visi misi bupati terutama dibidang keagamaan dapat terwujud dan terlaksana ditengah-tengah masyarakat. Jumlah keseluruhan dai di Pasbar ini sebanyak 205 dai, dan penataan jorong yang berlangsung nantinya akan menambah dai nagari di Pasbar”, jelasnya.(Yunita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed