oleh

Pemkab Pasbar Lakukan Pembinaan Gerakan Makan B2SA Di Nagari Koto Baru

jurnalzone.id   – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Ketahanan Pangan bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pasbar lakukan Pembinaan Gerakan Makan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), Rabu (1/11) di Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai gerakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi pangan lokal dengan menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman yang dianjurkan oleh Badan Pangan Nasional,” jelas Ketua TP-PKK Pasbar Ny. Titi Hamsuardi dalam sambutannya saat membuka gerakan tersebut.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pasaman Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan karena telah mendukung penyelenggaraan program B2SA, dalam rangka menurunkan angka stunting di Kabupaten Pasaman Barat dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi pangan dengan menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

Ny. Titi Hamsuardi menjelaskan bahwa Gerakan B2SA mengajak masyarakat melakukan pengolahan bahan pangan lokal yang dapat dijadikan sebagai makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi keluarga. Ia juga menjelaskan bahwa makanan yang mengandung protein sangat mempengaruhi dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Pemanfaatan bahan pangan lokal di sekitar kita ini dilakukan guna meningkatkan sumber daya masyarakat serta ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam bahan makan atau bumbu dapur dan tumbuhan obat-obatan, sayuran dan lainnya. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan ringan untuk anak-anak dan keluarga. Selain itu, protein juga tidak kalah penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Protein hewani dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, serta protein nabati seperti dari kacang-kacangan dan lainnya,” jelasnya.

Ia berharap melalui Pembinaan Gerakan B2SA itu masyarakat dapat belajar dan sadar akan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk perkembangan anak dan kesejahteraan keluarga serta untuk mewujudkan generasi emas tahun 2045 mendatang.

Sementara itu ketua TP-PKK Nagari Koto Baru Sri Yanti mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman Barat yang telah memilih kecamatan Luhak Nan Duo khususnya Dusun Durian Tiga Batang Nagari Koto Baru sebagai sasaran kegiatan Pengembangan Desa B2SA tersebut.

Ia menjelaskan sasaran kegiatan pembinaan yang ada di Nagari Koto Baru itu adalah 1 orang ibu hamil, 10 orang ibu menyusui, dan 29 orang balita serta tujuan akhir dari kegiatan itu adalah untuk menerapkan pola konsumsi pangan dengan prinsip B2SA sehingga mampu menurunkan angka stunting di Kabupaten Pasaman Barat.

“Pemberian makanan B2SA ini dilakukaan sebanyak 36 kali, sudah dilakukan sebanyak 6 kali dan tinggal 30 kali lagi yang dimulai pada tanggal 23 Oktober 2023 dan akan berakhir di bulan Desember mendatang,” jelasnya.(Yunita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed