oleh

Ketua DPRD Erianto Dampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi Beri Bantuan Tani dan Ternak di Desa Baru 

-Pasaman Barat-1,412 views
jurnalzone.id   – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Erianto beserta stakeholder terkait mendampingi Kunjungan Kerja (kunker) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansyarullah di Pasbar, Kamis (28/9). Dalam agenda kunkernya itu, Gubernur Mahyeldi beserta rombongan menyerahkan bantuan sektor pertanian dan peternakan di Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan dan beberapa lokasi lainnya di Pasbar.
Bantuan yang diberikan di Jorong Sukorejo Nagari Desa Baru Barat Kecamatan Ranah Batahan berupa Bantuan Saprodi padi Biofortifikasi sebanyak 750 Ha, bantuan benih padi sawah/ padi inbrida 1.500 Ha, bantuan alat pasca panen becak motor 1 unit, bantuan Alshintan Cultivator 4 unit, bantuan ternak itik 2.500 ekor, bantuan ternak kambing 150 ekor sedangkan bantuan revitalisasi penggilingan padi kecil sebanyak 6 unit.
Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar Mahyeldi menyebutkan Pemprov Sumbar
sangat konsen kepada pangan. Pemerintah memberi bantuan padi yang mengandung zinc impari nutrizinc untuk lahan seluas 750 hektar. Ia juga berharap panen raya di Pasbar dilakukan secara bersama sebagai stategi melawan hama. Adapun hambatan dan kendala yang ditemui dalam sektor pertanian yang dilakukan diharapkan dapat diatasi bersama melalui koordinasi dan sinergi yang kuat antara Pemprov Sumbar dan Pemkab Pasbar.
“Kurangnya combine atau kebutuhan peralatan lain bisa menyampaikan surat secara resmi kepada gubernur melalui persetujuan bupati. Kedepan kita berharap, panen dilakukan 3 kali dalam setahun atau 5 kali dalam dua tahun. Setelah panen, petani harus segera menanam kembali padi dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang selama ini masih dapat dipertahankan di Sumbar”, jelasnya.
Selain itu, ia menjelaskan kegiatan yang dilakukan merupakan upaya mencukupi ketersediaan pangan khususnya di Pasbar, meningkatkan perekonomian masyarakat, mengurangi angka stunting serta sebagai upaya menekan laju inflasi di daerah. Melalui bantuan yang diberikan, masyarakat diharapkan dapat termotivasi agar lebih semangat dalam bertani dan menambah populasi ternak.
Disamping itu, Ketua DPRD Pasbar Erinto mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Guburnur Mahyeldi dan rombongan Kepala OPD terkait. Ia berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan sinergi antara Pemprov Sumbar dan Pemkab Pasbar tetap terjalin dengan baik.
Sementara Laporan Ketua Panitia yang disampaikan Sariman di Desa Baru mengungkapkan panen raya yang dilaksanakan merupakan dari inisiatif ketua kelompok tani yang ada di nagari Desa Baru. Ia memaparkan beberapa kendala yang dihadapi oleh kelompok tani yang ada di Desa Baru itu diantaranya masalah bendungan, peningkatan jalan usaha tani, kurangnya combine, masalah pengering, normalisasi sungai batang laping serta akses dana KUR.(Yunita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed