oleh

HBA Ke 63 Dengan Tema : Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional

-Riau-603 views
jurnalzone.id  – Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) atau Hari jadinya Kejaksaan Agung Republik Indonesia ke-63 yang dipusatkan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI Ragunan Jakarta, sabtu 22/07/2023
Di hari puncak peringatan HBA ini dihadiri lansung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara diikuti Jaksa Agung RI ST Burhanuddin dan segenap jajaran insan Adhyaksa.
Peringatan HBA ke-63 selain dihadiri secara langsung oleh Presiden RI Jokowi juga dihadiri oleh tamu undangan kenegaraan juga disiarkan secara live streaming di kanal YouTube Kejaksaan RI. Upacara dimulai dari pukul 08.00 WIB.
HUT Kejaksaan Agung yang dikenal dengan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) tahun ini sudah berusia 63 tahun, dan di peringatan HBA ke-63 tahun 2023 ini mengangkat tema “Penegakan Hukum Yang Tegas Dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional”.
Pada peringatan HBA tahun ini sejumlah pihak dan elemen masyarakat menilai kinerja Kejaksaan Agung berada di periode keemasan.
Dalam pencapaian gemilang kinerja Kejaksaan RI ini juga di tanggapi dengan rendah hati dan penuh optimis oleh Asdatun Kejati Maluku DR.Sigit Prabowo, SH.MH yang mana beliau dulu pernah lama bertugas di lingkungan Kejaksaan Tinggi Kepri bahkan beliau pernah menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Bintan, Provinsi Kepri.
“Terimakasih dan alhamdulillah atas kepercayaan serta penilaian positif publik dan masyarakat terhadap instutusi Kejaksaan. Saya selaku warga Adhyaksa (Kejaksaan) sangat berbesar hati dengan pencapaian kepercayaan publik 81,2 persen sebagai mana disampaikan dalam pidato bapak Presiden Jokowi, namun semua ini menjadi PR yang berat bagi kami untuk bisa meningkatkan prestasi ini atau mimimalnya mempertahan kepercayaan masyarakat yang penuh harapan ini,” ungkap DR.Sigit Prabowo,SH.MH.

“Dan kedepan kami akan lebih mengedepankan sikap Humanis dalam konteks kebenaran dalam memproses kasus-kasus hukum yang sedang di tangani supaya Kejaksaan RI selalu di cintai oleh masyarakat Indonesia dan kepercayaan masyarakat ini selalu terjaga melalui kinerja yang profesional serta berintegritas yang tinggi,” lanjut ‘Cak’ Sigit Prabowo dengan ramah.
Dan terakhir beliau menambahkan supaya kinerja yang sangat bagus ini bisa lebih di tingkatkan hingga 95 persen, harapan pria yang baru beberapa bulan di percaya menjabat Asisten Perdata Dan Tata Usaha (Asdatun) Kejaksaan Tinggi Maluku tersebut.
“Harapan saya semoga prestasi yang gemilang ini nanti kedepan bisa mencapai 95 persen,”. Senen, 22/07/2023 wawancara Media Jurnalzone.Id Riau.
Dan tanggapan yang sama oleh Prof DR Suparji Ahmad,SH.MH beliau insan akademisi serta Guru Besar di Universitas Al Azhar.
“Kejaksaan Agung sekarang ini dalam suatu prestasi terbaik dibanding periode-periode sebelumnya,” kata sang Maha Guru tersebut. dikutip dari media ANTARA Jakarta.
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia,Burhanuddin Muhtadi menyatakan angka 80,6 persen tersebut menunjukkan bahwa Kejaksaan kembali menempatkan di posisi tertinggi di antara lembaga atau institusi penegak hukum lainnya, survei terbaru periode 2 Juli 2023 Kejaksaan RI masih tetap menjadi lembaga penegak hukum paling dipercaya oleh masyarakat dengan persentase 81,2 persen.(joell)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed