oleh

Pemprov Sumbar dan Pemda Pasbar Kolaborasi Gelar Edukasi Makanan Tambahan Berbasis Pangan Lokal

-Pasaman Barat-1,360 views
jurnalzone.id   – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Pasaman Barat menggelar kegiatan Edukasi Makanan Tambahan Berbasis Pangan Lokal, di Aula Resto Bernama Kecamatan Luhak Nan Duo, Rabu (12/7).
Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP.PKK Pasaman Barat Ny. Titi Hamsuardi, Kabid Kesmas Dewi Indriani Djusair beserta rombongan, Kasi Kesga Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Neneng Susanti SKM, MKM beserta rombongan, Kader PKK, Perangkat Nagari, Perangkat Kecamatan, Dasawisma serta stakeholder terkait lainnya.
Dalam paparannya, Ketua TP.PKK Pasbar Ny. Titi Hamsuardi yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa dalam Pemberian Makanan Tambahan Berbasis Pangan Lokal, masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk kebutuhan sehari-hari yang nantinya dapat dikonsumsi sebagai pangan keluarga.
“Manfaatkan pekarangan rumah kita, tanami sayur-sayuran, buah-buahan, obat-obatan dan ternak seperti ikan, itik dan lainnya. Yang nanti hasilnya dapat dimanfaatkan oleh keluarga sebagai makanan tambahan yang bergizi” ucap Ny. Titi Hamsuardi.
Dalam pemberian makanan tambahan ini lanjutnya, perlu edukasi yang baik dengan keragaman konsumsi makanan yang diberikan kepada balita gizi kurang, balita gizi buruk, dan Ibu Hamil Kekurangan Kronis. Ny. Titi Hamsuardi juga mengingatkan kepada para Kader yang hadir untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar memanfaatkan pekarangan rumah dalam pemenuhan pangan yang bisa dikonsumsi, sehingga kebutuhan pangan dapat tercukupi.
Ia juga memberikan gambaran mengenai konsep pelaksanaan hingga praktek keseluruhan dalam mempersiapkan makanan dengan kandungan yang seimbang dan sehat, serta menarik untuk didistribusikan kepada sasaran dengan mengolah sendiri makanan yang akan dikonsumsi bagi keluarga.
“Untuk menurunkan permasalahan tersebut di tengah-tengah masyarakat maka kita harus saling bekerjasama satu sama lain untuk mengingatkan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan yang bergizi dan seimbang yang akan dikonsumsi,” jelas Ny. Titi Hamsuardi.
Ia juga berharap kepengurusan PKK khususnya Pokja III di kecamatan dan nagari untuk mengawasi pemberian makanan tambahan bagi sasaran yang ada melalui aplikasi 10 program pokok PKK khususnya Program Proritas Pokja III di bidang pangan.
Diakhir sambutannya, ia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar yang telah menunjuk Kecamatan Luhak Nan Duo sebagai lokasi pemberian edukasi terhadap Pemberian Makanan Tambahan Berbasis Pangan Lokal.(Yunita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed