oleh

Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, Penurunan Stunting Dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Pemda Pasbar Jalin Kolaborasi Bersama PT Agrowiratama 

-Pasaman Barat-1,344 views

jurnalzone.id   – Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem, Pemerintah Daerah (Pemda) Pasaman Barat (Pasbar) menjalin kolaborasi bersama PT Agrowiratama. Hal tersebut dibuktikan dengan kunjungan rombongan Pemda Pasbar yang dikomandoi Bupati Hamsuardi, bersama Asisten, Kepala OPD, Forkopimca Sungai Aur dan stakeholder terkait ke PT Agrowiratama di Jorong Air Haji, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Senin (6/11).

Pada kesempatan itu, Bupati Hamsuardi menjelaskan bahwa dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem, Pemda Pasbar telah melakukan berbagai upaya salah satunya menjalin kolaborasi dengan seluruh perusahaan yang ada di Pasbar.

“Kita berharap, sasaran Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem atau P3KE ini sesuai dengan sasaran yang diharapkan pemerintah. Prevelensi stunting masih jauh dari target 14,0 % di tahun 2024. Penurunan persentase penduduk miskin juga hanya 0,064 % sejak tahun 2013. Perlu kerjasama, koordinasi dan kolaborasi yang baik antara pihak agar sasaran kita dapat tercapai dengan baik,” jelas Bupati Hamsuardi.

Hal serupa dipaparkan Kepala Bappelitbangda Ikhwanri, ia menjelaskan presentase penduduk miskin pada 2022 berada di angka 6, 93% atau setara 32.910. Angka ini turun dari tahun sebelumnya pada angka 7,51%. Rata-rata penurunan sejak tahun 2013 hanya sebesar 0,064% per tahun. Sedangkan angka prevelensi stunting tahun 2022 sebesar 35,5%, meningkat dari tahun sebelumnya. Angka yang masih jauh dari target 14,0% di tahun 2024 dan merupakan tertinggi di Sumbar jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain.

Sementara itu, General Manager PT Agrowiratama Suherlan mengucapkan selamat datang kepada Bupati Hamsuardi beserta rombongan. Ia menjelaskan PT Agrowiratama selalu berkomitmen dalam menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR). Dimana perusahaan setiap tahun melakukan kegiatan Stakeholder Consultation (SHC) satu kali setahun kepada perwakilan jorong yang ada di sekitar perusahaan untuk mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar perusahaan.

“Realisasi CSR PT Agrowiratama tahun 2021 diantaranya pemberian sapi pada pekerja dan masyarakat. Memberi peralatan olahraga, perbaikan jalan di Sungai Aur, pembuatan sumur bor, bantuan kepada masyarakat bebas api atau MBA di Sikilang dan lain sebagainya. Di tahun 2022 pembuatan tower air dan bantuan bahan bangunan untuk masjid dan sekolah, pembagian sembako di perayaan HUT RI dan sebagainya. Serta di tahun 2023, kita memberikan beasiswa pada anak sekitar perusahaan, safari ramadhan, pembuatan sumur bor dan lain sebagainya,” terangnya.(Yunita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed