oleh

Wabup Risnawanto Ingatkan OPD Pasbar Selalu Siaga Bencana Dan Efisiensi Penggunaan Anggaran

-Pasaman Barat-1,079 views

jurnalzone.id   – Saya mengingatkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos), dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), harap selalu siaga dan berkoordinasi baik dengan nagari dan kecamatan yang memiliki daerah yang rawan banjir, tanah longsor dan bencana lainnya. Karena curah hujan begitu tinggi, saya menginginkan ada pemetaan, baik bencana banjir, tanah longsor dan bencana lainnya sehingga ke depan dapat tertangani dengan cepat.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto dalam Apel Gabungan yang digelar Pemkab Pasbar, pada Senin (6/11) di Halaman Kantor Bupati setempat.

“Jangan sampai ada bencana dan baru dapat informasi dari masyarakat, besoknya baru ditolong. Ini diharapkan kita dapat bergerak cepat, sehingga masyarakat dapat tertolong dengan cepat. Antisipasi ini harus kita lakukan sedini mungkin,” tegas Wabup Risnawanto.

Selain itu Wabup Risnawanto juga mengingatkan seluruh OPD di Lingkup Pemkab Pasbar untuk melakukan efesiensi penggunaan anggaran. Ia menjelaskan hal tersebut dilakukan karena adanya pengalokasian anggaran dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti di bidang kesehatan dan pendidikan serta pengalokasian untuk Program Nasional Pemilu Serentak 2024 yang akan berdampak kepada pembangunan fisik infrastruktur sarana dan prasarana.

“Kondisi keuangan APBD baik APBD Perubahan Pasaman Barat harus dilakukan efisiensi atau penghematan yang harus kita laksanakan. Adanya pengalokasian anggaran kita dalam pembangunan SDM, seperti di bidang akses kesehatan yaitu melalui program UHC. Program ini diharapkan dapat meningkatkan harapan hidup masyarakat Pasaman Barat. Alokasi ini cukup besar sekitar 70 milyar lebih,” jelas Risnawanto.

Ia menjelaskan pengalokasian anggaran juga dilakukan dalam pembangunan SDM di bidang pendidikan melalui pengangkatan 1.200 lebih tenaga PPPK Guru dan pengalokasian untuk Program Nasional Pemilu Serentak 2024 sekitar 18 milyar.

“Faktor kedua yaitu upaya pembangunan SDM di bidang pendidikan melalui pengangkatan PPPK Guru 1.200 lebih. Tentu ini membutuhkan anggaran yang besar. Namun ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan di Pasaman Barat dan mensejahterakan tenaga pendidik. Sehingga SDM Pasbar juga akan meningkat, karena saat ini tingkat pendidikan di Pasbar masih rendah. Faktor selanjutnya yaitu Program Nasional 2024 yaitu Pemilu Serentak yang membutuhkan anggaran cukup besar. Sesuai instruksi pemerintah pusat bahwa pemerintah daerah wajib menyediakan anggaran sebesar 40 persen dari kebutuhan pada Pemilu, di Pasbar diperkiraan sekitar 18 Milyar,” jelasnya.

Di akhir kegiatan Wabup Risnawanto menerima 1 unit becak motor Program Organization Sosial Responsibility (OSR) BPJS Kesehatan Peduli Lingkungan tahun 2023, yang diserahkan oleh Kepala Cabang BPJS Bukitinggi Henni Nursanti. Bantuan tersebut juga langsung diserahkan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasbar, Edison Zelmi.(Yunita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed